Beranda Berita Dualisme Pengelolaan Batam, DPR Dorong Presiden Terbitkan Perppu

Dualisme Pengelolaan Batam, DPR Dorong Presiden Terbitkan Perppu

66
BAGIKAN

Teguhjuwarno.com – Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Teguh Juwarno mendorong Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait dualisme kelembagaan pengeloaan kawasan Batam.

Teguh berpendapat saat ini keadaan di Batam sudah begitu mendesak untuk dikeluarkannya Perppu. Sebab, iklim investasi di kawasan yang dicita-citakan sebagai lokomotif perekonomian Indonesia kini menjadi makin redup.

“Kami dorong Pak Jokowi keluarkan Perppu. Ini situasinya sangat mendesak, masyarakat di bawah sudah berbenturan, investasi usaha di sana tidak berjalan. Jadi arah pengembangan Batam menjadi justru makin lama bukan makin baik malah makin buruk,” ujar Teguh kepada Media Indonesia di gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8).

Teguh mengatakan usulan yang dilontarkan oleh Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie terkait perubahan status Batam menjadi daerah dengan otonomi khusus yang berbasis pada ekonomi, bisnis dan industri, bisa menjadi materi dalam Perppu tersebut.

“Usulan yang sangat menarik yang esensinya selama ini dualisme kelembagaan ini bisa segera diselesaikan. Karena masing-masing bekerja berdasarkan UU. Dua-duanya tidak salah tapi realitanya di bawah ini berbenturan,” kata Teguh.

Teguh melanjutkan usul Jimly adalah suatu masukan yang bisa menjadi jalan keluar. “Kalau memang dirasa itu secara komprehensif bisa menjadi jalan keluar,” jelasnya.

Penerbitan Perppu ini kata Teguh merupakan salah satu cara yang dinilai paling cepat untuk menyelesaikan permasalahan dualisme kelembagaan pengeloaan Batam ini.

“Kenapa kita usulkan Perppu karena harapannya bisa lebih cepat. Karena kalau UU kan akan panjang lagi penyelesaiannya. Perppu kan inisiatifnya dari pemerintah dan perlu persetujuan parlemen,” tutupnya.

dikutip dari : mediaindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − seven =