Teguh Juwarno : Merokok Salah Satu Sumber Penyakit dan Kemiskinan

Teguh Juwarno : Merokok Salah Satu Sumber Penyakit dan Kemiskinan

199
Teguh Juwarno, Ketua Komisi VI DPR RI (istimewa)

Survei Harga Rokok Rp50 Ribu Perlu Dijadikan Pertimbangan Pemerintah

Teguhjuwarno.com – Ketua Komisi VI Teguh Juwarno mengomentari surve‎i yang dikeluarkan oleh Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Manusia Universitas Indonesia, yakni orang akan berhenti merokok jika harga jual rokok Rp50 ribu per bungkus.

Menurut Teguh, pemerintah perlu mempertimbangkan hasil survei tersebut.‎

“Survei yang sangat menarik dan perlu dijadikan pertimbangan pemerintah dalam mengenakan cukai yang lebih mahal untuk rokok,” kata Teguh saat dihubungi Metrotvnews.com di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Politikus PAN itu mengungkapkan, rokok merupakan salah satu penyebab penyakit. Tak heran jika p‎rogram jaminan kesehatan yang dianggarkan pemerintah selalu jebol setiap tahunnya.‎

“Merokok adalah salah satu sumber penyakit dan sekaligus sumber kemiskinan,” ucap Teguh.

Teguh mengaku heran melihat kenyataan di lapangan bahwa konsumen perokok justru didominasi masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Alangkah bijaknya bila uang untuk membeli rokok dialihkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

“Bayangkan kalau uang yang dibakar itu mereka pakai untuk beli susu atau telur, maka anak-anak mereka akan mendapat perbaikan gizi. Sehingga anak-anak bisa menjadi generasi yang lebih berkualitas,” kata Teguh.

Jika hasil survei tersebut diimplementasikan, Teguh tak khawatir industri rokok akan mati.

“Kita tidak pernah mendengar industri rokok bangkrut. Saya yakin, perokok akan tetap banyak. Namun, akan ada seleksi alam. Yang mampu membeli, yang akan tetap mengonsumsi‎,” ujarnya.

Teguh menegaskan kembali mengenai efek buruk yang ditimbulkan rokok. Tidak sedikit uang negara habis untuk mengobati masyarakat yang terkena penyakit akibat efek rokok itu sendiri.‎

“Menurut saya, lebih besar kerugian negara dibandingkan pendapatan melalui pajak dan cukai rokok‎,” ucap Teguh.

sumber : metrotvnews.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY