Beranda Berita Teguh Juwarno Dukung Upaya Presiden Promosikan Produk Lokal

Teguh Juwarno Dukung Upaya Presiden Promosikan Produk Lokal

550
BAGIKAN
Teguh Juwarno, Ketua Komisi VI DPR RI (istimewa)

Teguhjuwarno.com – Komisi VI DPR RI mendukung upaya Presiden RI Joko Widodo mempromosikan produk dalam negeri kepada negara sahabat. Hal itu bisa menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan ekspor produk industri strategis dalam negeri.

“Kita sangat mendukung upaya presiden untuk mempromosikan dan mengekspor industri strategis kita,” kata Ketua Komisi VI Teguh Juwarno ‎kepada Metrotvnews.com melalu pesan elektronik, Kamis (4/8/2016).

Politikus PAN itu menyampaikan, langkah Presiden Jokowi mempromosikan produk dalam negeri seharusnya diikuti juga oleh seluruh lembaga. Dia menerima informasi negatif mengenai beberapa instasi yang melarang Duta Besar (Dubes) Indonesia mempromosikan produk dalam negeri.

“Namun, langkah ini hendaknya diukuti oleh bawahannya. Khususnya di jajaran pemerintah. Karena saya menerima laporan bahwa ada perintah dari pejabat militer yang melarang kedutaan kita mempromosikan produk industri stategis kita seperti dari PINDAD, PTDI,” ucap Teguh.

Ketika ditanya alasan pelarangan tersebut, Teguh menjawab belum dengan pasti.  “Justru alasannya tidak jelas‎,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo  (Jokowi) bertemu Perdana Menteri Republik Demokratik Sosialis Sri Lanka H.E. Mr. Ranil Wickramasinghe. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta Sri Lanka memberi perhatian terhadap produk kereta api Indonesia.

“Kelihatannya diberi lampu hijau,” kata ,di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2016).‎

Jokowi mengatakan, Indonesia saat ini sedang menjajaki kerja sama ke beberapa negara yang dipandang berpotensi. Indonesia tak boleh bergantung pada pasar tradisional yang tak beragam.

“Kita mulai terutama negara-negara yang memiliki penduduk di tengah 80 juta, 100 juta, 60 juta, walaupun negara yang (penduduknya) 20 juta juga akan kita beri perhatian,” jelas mantan Gubernur DKI ini.‎

Presiden ketujuh RI ini menjelaskan, Indonesia ikut lelang dan bisa menang tender di Sri Lanka. Produk kereta api Indonesia juga diharapkan segera bisa dikirim ke Sri Lanka.‎

Penetrasi pasar ini diharapkan bisa memberi ruang lebih luas bagi produk-produk Indonesia. Ini pula yang membuat Jokowi mengundang Sri Lanka dalam Trade Expo, Oktober mendatang.

Sumber : Metrotvnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.